The New Year Songs


Firework

Malam pergantian tahun baru baru saja usai. Pada malam itu banyak kegiatan yang dilakukan orang-orang untuk merayakannya. Dimulai dari pesta kembang api sampai bakar-bakaran–entah bakar ayam, bakar ikan, bakar mobil, sampai bakar rumah mantan bos. Di samping kegiatan-kegiatan mainstream seperti itu, saya ada satu ‘tradisi’ lagi yang sering saya lakukan di malam pergantian tahun. Tradisi ini sebenarnya terjadi tanpa sengaja di malam pergantian tahun 2009, yang pada akhirnya saya putuskan untuk terus saya lakukan tiap malam pergantian tahun. Tradisi itu adalah: mendengarkan sebuah lagu pilihan! Bukan sembarang lagu, tapi lagu yang cocok dan mewakili semangat tahun baru.

Untuk tahun ini, saya memilih lagu The Magic Position dari Patrick Wolf. Alasan lagu ini saya pilih ialah keceriaan dan semangat positif yang tertuang dalam beat serta lirik lagunya. Keceriaan dan semangat positif tersebutlah yang ingin saya dapatkan selama tahun 2013 ini. Selain itu, lagu ini juga bercerita tentang “orang spesial” yang selalu membantu kita dan membuat kita senantiasa merasa istimewa. Saya harap, di tahun ini, saya pun bisa menemukan “orang spesial” serta menjadi “orang yang spesial bagi orang lain” agar bisa saling membantu, menjaga, juga mengasihi.🙂

Berikut adalah “The New Year Song” yang saya dengarkan pada tahun-tahun sebelumnya:

2009: Caravan Girl – Goldfrapp

Alasan: Inilah lagu yang memulai tradisi lagu tahun baru. Baik alasan pemilihan lagu serta alasan munculnya tradisi ‘aneh’ ini sama-sama tidak disengaja sama sekali. Saat itu, saya sedang mendengarkan lagu ini sewaktu pesta kembang api di Bogor. Dan, oh man, beat lagu ini (terutama beat klimaksnya) sangat cocok untuk didengarkan kala menyaksikan kemeriahan kembang api di langit malam. Padahal, liriknya sendiri sama sekali tidak “klop” untuk merepresentasikan semangat tahun baru. Dari sanalah saya memutuskan kalau tahun depan saya akan memilih lagu yang lebih cocok untuk didengarkan sewaktu pergantian tahun.

2010: Zero – Yeah Yeah Yeahs

Alasan: Saya memilih lagu ini karena saya nge-fans dengan Yeah Yeah Yeahs. Plus, liriknya pun cukup kena pada diri saya yang saat itu baru saja lulus kuliah dan masih menganggur. Yup. I was a ZERO at that time. I was nobody. Jadi, lagu ini saya pilih supaya saya bertekad untuk menjadi HERO and someone di tahun 2010. Terlebih, lagu ini pun memiliki beat yang asyik dan penuh semangat.

2011: Dog Days are Over – Florence and the Machine

Alasan: Lagu ini perlu saya pilih sebagai New Year Song karena ini merupakan salah satu all time favorite songs saya. Liriknya pun merepresentasikan keinginan saya agar hari-hari buruk di tahun lalu jangan sampai membuat saya terpuruk. Sebaliknya, tahun 2011 harus lebih baik lagi, because the dog days are over.

2012: My Body – Young the Giant

Alasan: My body tells me no, but I won’t quit, cause I want more, cause I want more. Yup, lagu ini saya pilih agar tahun 2012 saya lewati dengan semangat, kerja keras, dan pantang menyerah. Dan, boleh dibilang, banyak perubahan-perubahan positif yang saya alami di tahun 2012 yang lalu, kendati prosesnya sangatlah pahit dan berat. Tapi, saya sadar, semua itu dibutuhkan untuk membentuk saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sebenarnya ‘tradisi’ ini bukan sesuatu yang penting sih, bahkan cenderung remeh dan ga jelas. Hahaha.. Ini hanya sebagai “percikan” pengantar semangat bagi diri saya sendiri di tahun yang baru. But, hey, we can’t start a fire without a spark, right?🙂

Have a wonderful new year, everyone!

Leave a Reply

