Fantasy Fiesta 2012: Teaser Perjalanan Mencari Diri


Pendongeng 117

Perjalanan panjang jadi terasa singkat. Mereka sampai di sisi Sungai Aegir. Di seberangnya, terdapatlah Ladang Ahugasvio. Masalahnya, bagaimana cara mereka ke sana? Sungai Aegir begitu lebar hingga mirip lautan. Ujung-ujung sungainya pun tak tampak. Arus airnya ganas, tak ada kapal, tak ada jembatan. Sesekali punggung-punggung entah makhluk apa timbul-tenggelam dari dalamnya.

Di kala mereka kebingungan, seekor platipus raksasa datang menghampiri. Sahi-Vama-Mala mundur ketakutan. Untungnya platipus itu tak bermaksud jahat. Sebaliknya, ia justru menawarkan bantuan, setelah ketiganya menceritakan alasan kedatangan mereka ke sungai ini.

Dengan senang hati Breionefur ini akan membantu kalian menyeberangi Sang Aegir, kata si platipus. Cuma kuharap kalian tidak jatuh dari punggungku. Sungai ini berisi binatang-binatang menyeramkan, terutama Raja Buaya.

Setelah mengucapkan terima kasih, ketiganya naik ke punggung Breionefur. Bebuluan hewan ramah itu mencengkram lembut Sahi-Vama-Mala, supaya mereka tidak terjatuh. Tanpa basa-basi lagi, Breionefur meluncur ke air. Laksana pisau, ia membelah derasnya arus sungai. Tentakel-tentakel raksasa, sirip-sirip besar, dan serombongan ikan salem sebesar pohon turut melintas, terlihat bak ancaman. Namun Breionefur tak merasa terganggu. Penghuni sungai pun nampak tak mengganggunya.

Teror baru muncul begitu seleret punggung bergerigi datang membuntuti mereka. Si Raja Buaya tengah mengintai. Breionefur menyadari hal itu, walau ia tetap tenang. Si raja sungai terus membayangi, menunggu saat yang tepat. Kala mangsanya terlihat gelisah, ia melompat dari atas air dengan mulut terbuka lebar, siap mencaplok.

***

Trivia:

  • Konsep awal cerpen ini adalah saya ingin menulis cerita dengan suasana fairy tale, namun tidak melibatkan penyihir, naga, kerajaan, putri, pangeran, dan sebagainya.
  • Barangkali berbeda dengan penulis kebanyakan yang mendapat ide atau inspirasi dari film atau buku-buku bertemakan fantasi, saya malah terinspirasi dari video klip musik😀
  • Saya banyak mendapatkan ide dari video klip Bjork serta Of Monsters and Men. Keduanya adalah musisi / grup asal Islandia. Oleh karena itulah saya menggunakan bahasa Islan untuk menamai seluruh setting / tempat di cerpen ini.
  • Sementara nama para tokohnya saya gunakan bahasa Hindi, mengingat kebudayaan Hindu cukup kental di Indonesia, kecuali Breionefur si platipus yang namanya berasal dari bahasa Islan.
  • Judul awal cerpen ini adalah The Adventure of Self-Discovery, namun perlu saya ubah mengingat ketentuan lomba mengharuskan pesertanya sebisa mungkin menggunakan judul berbahasa Indonesia.

Itulah beberapa trivia yang barangkali cukup menarik untuk disimak. Nantikan versi lengkap cerpen saya ini pada tanggal 2 Juli 2012, pukul 17.20 WIB di Kastil Fantasi. Sambil menunggu, silahkan nikmati teasernya, ditemani dengan lagu Mbak Bjork berikut ini😀

5 thoughts on “Fantasy Fiesta 2012: Teaser Perjalanan Mencari Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s